1. Pendaftaran dilakukan secara online atau datang sendiri ke Sekretariat PPDS-1 FK UNDIP dan mengisi formulir berkas lamaran rangkap 3 di FK UNDIP dilengkapi berkas persyaratan sesuai dengan status pendaftar.
    2. Pada waktu yang ditetapkan datang ke gedung Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) UNDIP untuk mengikuti Seleksi Tahap-1 dengan materi test sebagai berikut: Tes Psikiatri (tertulis), Tes Psikologi, Tes Potensial Akademik, Tes Kemampuan Bahasa Inggris, Tes Akademik Prodi IKFR.
    3. Hasil Seleksi Tahap-1 dan tes kesehatan dikirimkan ke Prodi IKFR untuk dipertimbangkan lanjut ke Seleksi Tahap 2 sesuai dengan ranking nilai (Z) berdasarkan rumus sebagai berikut:


                          Z = [(1,5xTPA (skor 1-100))+(1,5x Bahasa Inggris (skor 1-100))+(7x Test akademik (skor 1-100))]/10

4. Hasil ranking nilai dikirimkan kembali ke Dekan FK UNDIP disertai keterangan batas rangking yang akan diterima Prodi IKFR, yang selanjutnya  diserahkan/dilaporkan oleh Sekretariat PPDS ke LP2MP untuk kemudian diperoleh hasil peserta yang lulus Seleksi Tahap 1 dan berhak mengikuti Seleksi Tahap 2. Dengan materi tes Seleksi Tahap 2 sebagai berikut:

    1. Menjalani tes kesehatan (K) di RS dr. Kariadi Semarang
    2. Tes Wawancara (W) dilakukan di Program Studi IKFR dengan tim pewawancara sebagai berikut: KPS, SPS dan 2 staff pengajar lain.

5. Hasil Seleksi tahap 2 (Y) dikirimkan kembali ke Dekan FK UNDIP berdasarkan rumus sebagai berikut:



Y = [(2xZ)+(3xW)]/5 Nilai W dan K skor 1-100

K sebagai pertimbangan jika nilai Y termasuk dalam kategori diterima

Hasil seleksi kelulusan test tahap 2 ini adalah urutan rangking terbaik sesuai batas rangking yang akan diterima masing-masing Prodi. Jumlah peserta yang diterima sesuai dengan daya tampung di semester itu.
Sesuai dengan aturan dari FK UNDIP, pendaftar dapat mengikuti seleksi 3 kali (2 kali di bagian yang sama, yaitu Prodi IKFR dan 1 kali di bagian yang lain) dan tes dilaksanakan pada minggu ke 3 bulan April dan Oktober.